DPM Diploma IPB

Sejarah Terbentuknya Kelembagaan Diploma IPB

Sabtu, 29 Juni 2013

Sejarah Terbentuknya Kelembagaan Diploma IPB

Pergerakan Mahasiswa Direktorat Program Diploma IPB saat ini sudah mulai mengalami titik terang. Dengan pergerakan mahasiswa angkatan awal yaitu angkatan 42 yang mulai merasakan kebosanan dengan apa yang ada di Direktorat Program Diploma IPB dan  desakan kebutuhan dari mahasiswa terhadap organisasi kemahasiswaan. Pergerakan mahasiswa ini sediri di mulai sejak pertengahan semester 2 yaitu pada bulan juni.
            Pergerakan ini sendiri dimulai dengan kesadaran suatu komunitas – komunitas yang ingin mengembangkan kelembagaan mahasiswa yang ada di direktorat program diploma. Namun pergerakan dari komunitas – komunitas ini sempat mengalami tentangan dari intitusi dikarenakan berbagai hal yang belum menguatkan mereka.dan pada akhirnya komunitas – komunitas mahasiswa ini sediri sadar bahwa mereka tidak dapat berjalan sendiri – sediri untuk membangun suatu unit kelembagaan yang ada di Direktorat Program Diploma IPB. Maka dari itu akhirnya komunitas – komunitas  (mahasiswa – mahasiswi diploma yang peduli terhadap kelembagaan di Diploma IPB) menyatukan visi dan misi mereka untuk membangun kelembagaan diploma yang kritis, dinamis, dan profesional dengan tujuan dapat mewadahi seluruh aspirasi mahasiswa yang nantinya berdampak langsung terhadap mahasiswa dan intitusi.
            Walaupun pada awal pergerakan sempat ditentang oleh beberapa pihak, baik pihak kerlembagaan dermaga maupun diploma. Tapi hal itu tidak pernah mematahkan semangat semua Mahasiswa mahasiswi yang igin membentuk kelembagaan mahasiswa ini. Dengan dimodali tekad yang kuat dalam diri mahasiswa. Mahasiswa sendiri mulai mengadakan pertemuan – pertemuan di kos – kosan mahasiswa diploma IPB. Kami semua mencoba merumuskan suatu wadah kelembagaan yang nantinya bisa saling sinergis antara mahasiswa, intitusi dan kelambagaan itu sendiri. Kami pertama kali berkumpul disuatu kosant yang terletak di malabar ujung, di kosan yang tidak cukup besar, tapi kosant itu sendiri bisa dikatakan sangat berandil Besar dalam terbentuknya kelembagaan mahasiswa yang ada di diploma.
            Selama kurang lebih satu bulan kita mengkonsepkan bentuk kelembagaan, akhirnya kita bisa mendapat dukungan juga dari Direktur Program Diploma, yang pada akhirnya itu menjadikan suatu pintu dimana kita bisa mengembangkan kelembagaan di Diploma IPB. Hal ini juga berkat bantuan teman – teman kita yang berkencimpung di organisasi luar maupun dalam IPB seperti ( forum mahasiswa peduli diploma, HMI, BKIM, GMKI, Forum mahasiswa Daerah, Insekta, DKM Alghifari, Forum mahasiswa Isalam diploma, forum Mahasiswa Kristiani Diploma, seluruh Program keahlian yang ada di Diploma dan masih banyak lagi yang terlibat dalam pembentukan ini.) serata bantuan – bntuan dari kawan – kawan dermaga yang peduli, senior – senior IPB yang melihat dan peduli terhadap diploma IPB. Dengan menyatukan pandangan tanpa memikirkan ego yang ada. Akhirnya kelembagaan mahasiswa di Diploma dapat terbentuk.
            Dengan keberanian dan tekat yang sungguh – sungguh dari mahasiswa kelembagaan mahasiswa mulai direspon baik oleh Institusi, dan pada akhrnya intitusi sendiri mulai bisa percaya dan merasakan kesungguhan dari mahasiswa Diploma IPB. Serta perjalanan pergerakan mahasiswa mulai perlahan – perlahan diakui oleh institusi. Setelah pergerakan sudah berjalan selama 3 bulan setelah semua kelengkapan – kelengkapan dari kelembagaan mulai terselesaikan muali dari AD / ART, GBHO, GBHK, struktur, Visi  Misi, Serta Tujuan dari dibentuknya kelembagaan. Maka pada tanggal 25 Agustus 2006, adalah hari yang paling bersejarah karena pertama kali Kelembagaan Mahasiswa Diploma terbantuk yaitu Dewan Perwakilan Mahasiswa Diploma IPB ( DPM J ). Dengan lambang DPM J IPB adalah lambang yang ditetapkan DPM J IPB dengan deskripsi sebagai berikut: logo IPB berwarna hitam dilingkari oleh garis berwarna hitam dan dilingkari oleh kalimat “Dewan Perwakilan Mahasiswa” di setengah lingkaran atas dan singkatan “DPM-J” di setengah lingkaran bawah dengan warna hitam, dan warna dasar keseluruhan logo DPM J IPB adalah hijau muda. Serta memilikiMakna lambang
1.       Tulisan DPM-J
       Dewan Perwakilan mahasiswa dengan J melambangkan Program Direktorat Program Diploma IPB
2.       Lingkaran, logo dan tulisan berwarna hitam
        Hitam melambangkan ketegasan, fleksibilitas dan aspiratif untuk semua program keahlian di Direktorat Program Diploma IPB
3.       Warna dasar hijau
      Hijau melambangkan pertanian yang menyatukan semua program     keahlian di Direktorat Program Diploma IPB
4.       Logo IPB
       Gambaran basis gerakan yang dibangun berawal dari dunia pendidikan yang mengedepankan visi pertanian sebagai basis pembangunan bangsa.
         
           Serta anggota DPM J yang terdiri dari 51 anggota yang di dalamnya terdiri dari 13 program keahlian,dan Bermacam – macam ragam. Dalam kenggotaan sendiri merupakan utusan – utusan tiap – tiap keles yang berjumlah 3 perwakilan setiap kelas di program keahlian. Serta tanggal 25 Agustus 2006 merupakan hari pengesahan kelembagaan mahasiswa Diploma dan pelantikan kami sebagai pionir bagi kelembagaan di Diploma IPB. Dan mulai dari itu titik terang kelembagaan mulai bisa terasa, serta selanjutnya menjadikan suatu dorangan bagi kami untuk membentuk suatu kelembagaan – kelembagaan mahasiswa  lainya yang bisa dinamis, sinergis Kritis, selaras dan profesional untuk membangun bersama diploma kearah depannya.

Adam Malik (Ketua DPM 42)